Makna Sumpah Pemuda 1928

Tanggal 28 Oktober waktu itu, tahun 1928 para pemuda kita yang berasal dari berbagai daerah bertemu di Jakarta melakukan kongres pemuda, kemudian mencetuskan apa yang sekarang dikenal sebagai "Sumpah Pemuda", berbangsa, bertanah air dan berbahasa satu, Indonesia. Pada waktu itu dikumandangkan pula untuk pertama kalinya lagu "Indonesia Raya" yang selanjutnya ditetapkan sebagai lagu nasional kita.

Tentu saja peristiwa kongres pemuda itu tidak berdiri sendiri. Ia berkaitan dengan peristiwa "kebangkitan nasional" 20 tahun sebelumnya (ingat 20 Mei 1908 yang ditetapkan sebagai hari kebangkitan nasional), yang pada akhirnya bermuara pada proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Kini, 81 tahun telah berlalu. Apakah makna sumpah pemuda masih relevan pada saat ini ? Perlu dilakukan suatu perenungan yang mendalam, misalnya apakah kita sudah menggunakan bahasa persatuan kita, bahasa Indonesia secara baik dan benar ? Lisan dan tulisan ? Sudahkah kita mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan ?

Kalau koruptor masih merajalela, penyalahgunaan jabatan sudah merata dimana-mana, peredaran narkoba sudah ke seluruh pelosok negeri.....apakah bisa diklaim bahwa nilai-nilai sumpah pemuda sudah kita hayati dan diaplikasikan dalam aktifitas sehar-hari....

Comments

Popular posts from this blog

Sifat-sifat Tuhan ada pada semua manusia

Praktek Manipulasi di Perkebunan Kelapa Sawit

Tuhan telah memberikan lebih daripada yang kupinta