Cicak vs Buaya

Ungkapan "cicak melawan buaya" (CMB), muncul pertama kali dari pihak 'buaya'. Beberapa minggu kemudian disayangkan oleh presiden; kemudian kapolri pun menyatakan maaf dan berharap pemakaian istilah itu tidak lagi dilanjutkan, baik oleh pers, maupun masyarakat.

Apa pun komentar orang, yang pasti kasus CMB ini, mengungkapkan kepada khalayak bahwa pekerjaan memberantas korupsi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebanyak yang kontra-korupsi, mungkin sebanyak itu pula orang yang pro-korupsi.

Alm. Bung Hatta di tahun 70-an pernah ngomong bahwa korupsi sudah membudaya di Indonesia. Itu 30-an tahun yang lalu, apatah lagi sekarang ?

Bukannya tidak ada usaha-usaha pemberantasan korupsi, baik dari pemerintah, maupun masyarakat (LSM). Undang-undang anti-korupsi pun diterbitkan, sekaligus UU anti-judi, anti-prostitusi, dsb. Namun kenyataannya korupsi makin marak, judi merajalela, prostitusi jangan ditanya; menyebar ke seantero Nusantara.......

Mungkin kurikulum anti korupsi, kolusi, manipulasi dan nepotisme perlu kita masukkan sejak SD, sampai dengan Perguruan Tinggi. Iklan-iklan anti-korupsi perlu pula ditayangkan setiap jam di semua stasiun radio dan televisi. Di setiap sudut kampung, kota, dan tempat-temppat startegis pun lebih baik kalau dipajang sign board yang mengingatkan semua warga agar menjauhi perbuatan KKN dan sejenisnya itu...

Kalau semua cara sudah dicoba, nggak mempan juga, yah; terpidana korupsi dikurung dalam penjara kaca di mall saja, seperti pernah diusulkan beberapa waktu lalu oleh seorang pemirsa TV. Atau hukum mati saja koruptor kakap itu !

Kita punya banyak ahli. Ahli psikologi, ahli ilmu jiwa, ahli komunikasi, ahli hukum dan pakar lainnya. Ayo dong bergabung dan memberikan rekomendasi kepada pemimpin bangsa ini bagaimana cara memberantas korupsi yang efektif......

Atau perlu kita sewa orang asing untuk memberantas korupsi di negeri kita; karena kita sendiri sudah tak mampu lagi dan malah.......hanyut dalam perbuatan korupsi ?

Comments

LEMBAH HIJAU said…
Setuju Buya... Ganyang koruptor, agar bangsa kita segera bangkit dan berjaya...

Popular posts from this blog

Sifat-sifat Tuhan ada pada semua manusia

Praktek Manipulasi di Perkebunan Kelapa Sawit

Tuhan telah memberikan lebih daripada yang kupinta